Tempat Wisata di Batam Yang Menarik

wisata batamNgonoo.net Berwisata di kota batam yang terletak di jalur pelayaran Singapura dan Malaysia, membuat pesona Batam terhalang oleh ketenaran pariwisata dua negeri jiran tersebut. Padahal jika dilihat lebih seksama, Batam yang selama ini dikenal sebagai kota industri justru memiliki destinasi wisata yang lebih eksotis dibandingkan Singapura maupun Malaysia.

Sebagai kota yang terdiri atas beberapa pulau, wisata bahari menjadi andalan di Batam. Beberapa pantai yang sering dikunjungi wisatawan, antara lain

Pantai Marina, Nongsa, Melur, Melayu, dan Tanjung Bemban. Pantai Marina biasa difavoritkan wisatawan dari Singapura yang ingin mendapatkan ketenangan dari kesibukan bekerja. Pantai ini terletak di bagian barat Pulau Batam, dan memiliki terminal ferry yang membawa wisatawan dari Singapura dan sebaliknya.

Pantai Marina banyak dikunjungi berkat pesona pasir putih dipadu birunya Iaut yarig mungkin tak akan ditemui di Singapura. Selain Marina, Pantai Nongsa juga difavoritkan wisatawan karena pesona pasir putihnya. Karena jaraknya yang cukup dekat dengan Singapura, wisatawan dapat dengan mudah melihat deretan bangunan di negeri Merlion dari seberang lautan. Pemandangan antarnegara ini makin indah di malam hari, ketika lampu-lampu kota di Singapura menyala dan gemerlapnya dapat disaksikan dari tepi Pantai Nongsa.

Untuk mencapai Pantai Nongsa cukup mudah.Jaraknya hanya 10 menit dari Bandara Hang Nadim, Batam, atau 20 menit dari pusat kota Batam. Pantai yang berada di sebelah timur laut Batam ini banyak dipilih para investor asing untuk mendirikan hotel dan resor kelas internasional. Di pantai ini juga terdapat terminal fetry yang terhubung dengan jalur ferry dari Pulau Tanah Merah, Singapura.
Pesona yang tak kalah eksotis akan didapatkan wisatawan ketika mengunjungi Pantai Melur. Pantai ini memiliki jarak pandang yang sangat luas dan ombak yang tenang. Pasir putih di pantai ini dikelilingi air laut berwarna hijau giok menambah keindahan pantai ini. Teriknya matahari tak akan dirasakan wisatawan berkat rimbunnya pepohonan hijau di pinggir pantai.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati serunya bermain banana boat di pantai, disarankan untuk mengunjungi Pantai Melur. Pantai ini memiliki ombak yang tenang, sehingga cocok bagi wisatawan yang ingin berenang maupun bermain bersama anak.

Puas berwisata di pantai, sempatkanlah untuk mengunjungi ikon kota Batam, yakni Jembatan Barelang. Jembatan ini kerap disebut sebagai Jembatan Habibie. Ini lantaran jembatan yang menghubungkan beberapa pulau di kawasan Batam untuk memajukan kegiatan industri direncanakan oleh BJ Habibie pada 1992.

Destinasi berikutnya yang tak boleh dilewatkan adalah Smiling Hills atau Bukit Tersenyum. Di atas bukit ini, wisatawan dapat melihat pemandangan kota Singapura, bahkan lalu lintas pesawat dari atau menuju Bandara Changi, Singapura. Bukit Tersenyum ini menjadi lokasi yang difavoritkan wisatawan ketika malam pergantian tahun.

Sebab dari atas bukit, wisatawan tak hanya dapat melihat gemerlapnya kota Singapura, tapi juga warna-warni indah dari kembang api yang dinyalakan sepanjang malam pergantian tahun.
Ada pula Oscarina Park, yang berisi aneka wahana permainan untuk anak maupun dewasa. Taman ini diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2008 dan hingga kini masih menjadi daya tarik wisata tersendiri di tengah kota Batam.

Wisata tak pernah lengkap tanpa belanja. Bagi wisatawan yang ingin berbelanja, Batam memiliki be-berapa pusat perbelanjaan yang cukup besar, seperti Batam City Square, Nagoya Mall, dan Megaland Mall. Di ketiga pusat perbelanjaan ini, wisatawan dapat dengan mudah menemukan berbagai hal yang diinginkan, mulai dari pernak-pernik khas Batam, aneka kerajinan tangan dari berbagai daerah di Indonesia, tas, sepatu, ponsel, hingga peralatan elektronik

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tempat Wisata di Batam Yang Menarik"

Posting Komentar