Mengatasi Anemia

anemiaNgonoo.net - Kurang darah atau yang biasa disebut Anemia emang sangat mengganggu aktivitas kita. Tapi tenang aja, gejala Anemia sebenarnya bisa kita kenali dengan mudah, yaitu 5L (letih, lunglai-lelah, lesu dan lemah). Jika penderita Anemia sedang kambuh, maka semangat beraktivitas mendadak jadi malas mengerjakan apapun karena pusing yang datang secara tiba-tiba. Nah, berikut ada beberapa tips untuk mengatasi anemia!

1. Perbanyak makan makanan yang mengandung zat besi


Kekurangan zat besi pada makanan yang kita konsumsi merupakan salah satu faktor penyebab kekurangan darah. Nah, kita dapat mengatasi anemia dengan cara lebih banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Apa saja makanan yang mengandung zat besi? Seperti hati ayam, ikan, daging merah, sayur-sayuran hijau (bayam, kangkung, brokoli), susu dan buah yang banyak mengandung vitamin C sangat baik buat tubuh.

2. Kurangi mengonsumsi makanan/minuman yang menghambat penyerapan zat besi


Beberapa makanan atau minuman ternyata dapat menghambat proses penyerapan zat besi. Sebagai contohnya adalah teh. Teh mengandung tanin yang dapat menghambat penyerapan zat besi Non-Heme dan memicu 'Kekurangan zat besi. Ada juga polifenol pada coklat, jus apel, kopi, kacang polong, dan sebagainya. Makanan seperti ini lebih baik dihindari oleh penderita Anemia.

3. Olahraga dan Istirahat yang teratur


Biasakan untuk melakukan olahraga secara teratur. Minimal seminggu 3 kali. Selain itu, imbangi dengan istirahat atau tidur yang cukup sekitar 6-8 jam sehari. Kekurangan istirahat juga dapat memicu Anemia kambuh.

4. Perbanyak minum air putih


Perbanyaklah minum air putih sebelum beraktivitas seharian. Kekurangan air putih dengan cuaca yang panas dapat membuat kita terserang anemia. Daripada di siang hari yang terik kita minum es teh, kopi dingin yang dapat menghambat penyerapan zat besi. Lebih baik kita ganti kebiasaan tersebut dengan minum air putih saja. Udah paham, kan, gimana caranya mengatasi anemia. Demikian. Selamat mencoba!

baca juga
Menghilangkan bau di kabin mobil
makanan yang tepat untuk rambut

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengatasi Anemia"

Posting Komentar