Apa itu Collyrium

CollyriumHai Ngonoers, terkadang hal sepele adalah penting dan sangat perlu diperhatikan. Seperti halnya mata. Mata adalah bagian organ tubuh yang penting dan sangat mudah sekali mengalami iritasi. Jika mata mengalami iritasi yang disebabkan oleh asap, debu, rokok atau karena berenang, Ngonoers tidak perlu khawatir.

Ngonoers dapat membersihkannya menggunakan collyrium.Collyrium adalah obat pencuci mata yang digunakan untuk membersihkan mata. Ada dua jenis collyrium, yaitu collyrium yang tidak mengandung bahan pengawet dan mengandung bahan pengawet.

baca juga

Pentingya Vitamin A bagi mata

Collyrium yang tidak mengandung bahan pengawet hanya bisa digunakan selama 24 jam setelah kemasan dibuka. Sedangkan collyrium yang mengandung bahan pengawet dapat digunakan sampai 7 hari setelah kemasan dibuka.

Jika sampai batas waktu tersebut larutan masih tersisa, maka larutan tidak boleh digunakan kembali dan harus dibuang pada tempatnya. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika menggunakan collyrium yaitu menghindarkan larutan tersebut dari berbagai macam kontaminan, mengganti tutup setelah digunakan, menghentikan pemakaian ketika terjadi iritasi yang berlebih pada mata dan segera hubungi dokter.

Larutan pembersih mata tidak boleh digunakan jika terdapat partikel-partikel halus yang melayang atau larutan tersebut telah berubah warna. Selain itu, larutan pembersih mata ini tidak boleh digunakan apabila memiliki luka terbuka di daerah mata dan sekitarnya.

Lalu bagaimana cara menggunakan collyrium? Pertama, kita harus membersihkan dan memastikan wadah larutan yang akan digunakan bersih. Kemudian dibersihkan pula kelopak mata dari sisa-sisa make-up. Dimasukkan larutan pembersih mata ke dalam wadah secukupnya.

Lalu, wadah yang telah berisi larutan tersebut ditempelkan di daerah sekitar mata. Posisi kepala menghadap ke atas dan kepala digoyangkan ke kiri dan kanan, agar larutan membersihkan seluruh bagian mata. Dibuka kelopak mata lebar-lebar agar larutan dapat membersihkan bagian mata secara sempurna.

Collyrium ini digunakan secara teratur jika diperlukan saja. Semoga informasi tadi menambah wawasan Ngonoers mengenai bentuk sediaan obat.
‘‘ Collyrium adalah obat pencuci mata yang digunakan untuk membersihkan mata."

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa itu Collyrium"

Posting Komentar