Pentingnya Vitamin A Bagi Tubuh

Vitamin ANgonoo.net - Vitamin A merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tahukah Ngonoers bahwa vitamin A terbagi menjadi dua jenis, yaitu retinoid yang merupakan bentuk aktif vitamin A serta beta karoten yang merupakan provitamin A.

Beta karoten adalah jenis vitamin A yang berasal dari tanaman, sedangkan retinoid berasal dari produk hewani. Vitamin A memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satu yang paling dikenal adalah untuk menjaga kesehatan mata.

Selain itu, vitamin A juga berguna untuk pertumbuhan sel, meningkatkan sistem imun (kekebalan) tubuh, dan berperan dalam membentuk dan menjaga kulit. Selain manfaat-manfaat di atas, vitamin A (dalam bentuk beta karoten) memiliki peranan sebagai antioksidan.

Beta karoten dapat melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas yang dapat menyebabkan beberapa penyakit kronis dan berperan dalam proses penuaan. Tubuh akan mengalami beberapa gangguan apabila kekurangan vitamin A.

Seperti halnya pada anak-anak, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan pada mata. Beberapa tanda dan gejala yang dapat diamati jika kekurangan vitamin A adalah
Vitamin A selain dapat ditemukan di dalam suplemen vitamin, dapat juga ditemukan pada makanan sehari-hari.

Sumber vitamin A dapat ditemukan di berbagai produk nabati dan hewani"
kelelahan, rambut mengalami kekeringan, gangguan pertumbuhan rambut dan kuku, serta kulit menjadi kering, gatal dan kasar.

Kebutuhan vitamin A dalam tubuh harus terpenuhi untuk mencegah terjadinya defisiensi (kekurangan). Vitamin A selain dapat ditemukan di dalam suplemen vitamin, dapat juga ditemukan pada makanan sehari-hari.

Sumber vitamin A dapat ditemukan di berbagai produk nabati seperti wortel, bayam, buah naga, apel, mangga serta di berbagai produk hewani seperti daging ayam, bebek, telur, susu, dan ikan. Namun, konsumsi vitamin A berlebihan juga tidak baik, bahkan sama bahayanya dengan kekurangan vitamin A.

Beberapa gejala kelebihan vitamin A adalah muntah-muntah, rambut menjadi kasar, kemerahan dan rontok, kulit kering dan bersisik serta ngilu tulang. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir kelebihan vitamin A karena menyantap sayuran atau buah setiap harinya.

Kelebihan vitamin A lebih sering terjadi karena mengonsumsi suplemen vitamin A berlebihan. ngonoers, dengan manfaat yang begitu banyak serta sumber dapat diperoleh dengan mudah, apalagi yang kita tunggu? Yuk, penuhi asupan vitamin A bagi tubuh!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pentingnya Vitamin A Bagi Tubuh"

Posting Komentar