Obat Batuk Tradisional

resep obat batukNgonoers pasti sudah tahu bahwa tumbuhan dan hasil alam Indonesia ya bisa dijadikan obat. Madu, jeruk nipis, jahe merah dan daun kayu putih adalah beberapa kekayaan alam yang mudah diperoleh serta dapat diolah menjadi berbagai macam obat, salah satunya obat batuk.

Batuk adalah mekanisme tubuh atas adanya lendir, debu atau partikel yang mengiritasi jalan pernapasan. Batuk merupakan cara tubuh untuk membersihkan tenggorokan dari dahak. Oleh karena itu jika ngonoers mengalami batuk, tidak ada salahnya untuk mengobati secara alami menggunakan racikan tradisional.

Terkecuali batuk yang dialami sudah melebihi tiga minggu maka disarankan untuk pergi ke dokter. Madu memiliki banyak khasiat dan kandungan yang baik bagi tubuh. Kandungan yang banyak dimiliki madu antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin D, asam folat, asam glutamat dan berbagai mineral serta vitamin lainnya.

Selain itu madu mudah untuk diserap tubuh, sehingga memberikan efek kerja yang cepat. Madu sendiri mampu untuk mengurangi kesulitan tidur dan mengurangi batuk di malam hari.
jeruk nipis mempunyai beberapa khasiat seperti senyawa Synephrine, vitamin C, kalsium, fosfor dan lain-lain. Kandungan jeruk nipis diyakini mampu untuk mengobati batuk khususnya batuk berdahak bila dicampur dengan kecap.

Caranya dibuat dengan perbandingan 1 : 1 antara perasan jeruk nipis dengan kecap manis kemudian diminum. Untuk menetralisasi rasa yang kurang enak dapat dibantu dengan air putih. Ramuan dapat diminum secara rutin 2-3 kali dalam sehari.

Tumbuhan rimpang seperti jahe merah juga mampu mengobati batuk kering dan berdahak. Kandungan zingeron memberikan efek hangat pada tenggorokan yang bisa meringankan batuk.

Racikan jahe merah dan kencur yang diparut lalu direbus dengan segelas air dan 5 lembar daun sirih serta ditambahkan jeruk nipis efektif mengencerkan dahak. Sedangkan rebusan seruas jahe merah dan kunyit yang diparut dan diminum teratur mampu mengobati batuk kering.

Selain itu, daun kayu putih dapat diracik dengan cara merebus 10-15 gram daun kayu putih dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa 1 gelas. Diminum selagi hangat.
Pengobatan batuk dapat dilakukan secara alami menggunakan racikan tradisonal."

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Obat Batuk Tradisional"

Posting Komentar