Mengenal Jenis Water Heater

water heaterNgonoo.net musim hujan telah datang. Udara pun cenderung lebih sejuk sehingga kebutuhan orang akan air hangat meningkat. Kebutuhan ini akan lebih mudah terpenuhi ketika di rumah kita memiliki pemanas air (water heater).
Mengenal Jenis "Water Heater"
BERBICARA tentang water heater, jangan sembarang memilih karena ternyata water heater ada jenisnya.Agar jenis water heater yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan dan meringankan Anda untuk mengoperasikannya, perhatikan hal berikut ini

"Gas water heater"


Gas water heater merupakan pemanas air yang sumber energinya menggunakan gas elpiji. Alat pemanas ini memiliki prinsip kerja yang sama dengan proses memasak air dengan panci di atas kompor gas. Perbedaannya adalah airnya tidak dimasukkan ke dalam panci, tetapi dimasukkan ke dalam pipa-pipa, yang pada bagian bawahnya mengalami pembakaran dengan menggunakan gas.

Kapasitas alat pemanas ini bermacam-macam, misalnya ada yang 5,8, sampal 10 liter per menitnya. Kelebi han gas water heater, antara lain lebih praktis karena dapat dioperasikan kapan saja, tidak memerlukan arus listrik, dan tidak

terpengaruh oleh cuaca mendung. Jadi, saat malam hari, tanpa ada sinar matahari atau pada waktu mati lampu sekalipun, Anda masih tetap bisa menggunakannya. Kekurangannya, selain mahal jika harga BBM atau gas sedang mahal atau sedang mengalami kelangkaan, pemasangannya membutuhkan ketelitian, jangan sampai salah prosedur pemasangannya.

"Water heater" listrik


Sesuai dengan namanya, pemanas air ini menggunakan arus listrik sebagai sumber energi panasnya.Ada dua jenis water heater listril< yang beredar di pasaran, yaitu sistem pemanas tangki dan pemanas instan. Proses kerjanya seperti sebuah termos listrik. Kelebihan water heater fistrik yaitu lebih praktis karena pada waktu akan menggunakannya Anda tinggal menyalakan atau menghubungkan dengan listrik dan pemanas bisa langsurtg digunakan. Kekurangan alat pemanas air ini
adalah menggunakan konsumsi listrik maka daya listrik di rumah Anda harus memiliki kapasitas yang cukup besar. Volume air yang mengalir tidak terlalu besar dan panasnya juga kurang bisa bertahan lama. Jika listrik di rumah Anda sedang padam listrik, otomatis pemanas air ini tidak dapat digunakan.

"Water heater" tenaga surya


Water heater tenaga surya atau solar water heater adalah pemanas air yang memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber energinya. Alat pemanas air jenis ini termasuk ramah lingkungan dan lebih aman dalam pengoperasiannya. Pemanas air jenis ini tidak begitu memerlukan biaya perawatan yang besar, karena sumber panasnya sinar matahari sehingga bisa didapatkan secara gratis. Namun, water heater tenaga surya memiliki harga yang relatif lebih mahal dengan pemanas lainnya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Jenis Water Heater"

Posting Komentar