Hidup Sehat Tetapi Tetap Makan Enak

makanan sehatNgonoo.net Banyak orang beranggapan hidup sehat identik dengan diet dan beragam pantangan lainnya yang menyiksa tubuh. Padahal, aneka hidangan lezat seperti sate atau soto kegemaran tetap dapat Anda nikmati asalkan tahu bagaimana cara menikmatinya.
HAL yang perlu Anda lakukan hanyalah menerapkan pedoman dasar food combining saat menyantap makanan. Food combining berangkat dari kenyataan bahwa sistem pencernaan makanan kita mempunyai keterbatasan dalam mencerna.

Tidak terlalu rumit menerapkan kombinasi makanan ala food combining karena sudah ada pedoman dasar yang mengaturnya. Pedoman pertama, membagi makanan menjadi empat kategori, yaitu karbohidrat, sayursayuran, protein, dan buahbuahan.

Kombinasi ideal akan terjadi jika jenis makanan yang membentuk asam dikombinasikan dengan makanan yang bersifat basa sehingga akan membentuk pH tubuh netral. Selain itu, penting memperhatikan siklus alami tubuh manusia,

yaitu pada periode 1 (pukul 04.00-12.00) merupakan proses pembuangan sisa makanan.Periode 2 (puku112.00-20.00) merupakan saat yang tepat untuk mencerna makanan, dan periode 3 (pukul 20.00-04.00) merupakan fase tubuh menjalankan fungsi penyerapan sari makanan.
Pada periode 1, sebaiknya Anda mengonsumsi jenis makanan yang mudah dicerna, seperti buah-buahan. Sementara itu, makanan yang membutuhkan proses pencernaan yang berat dan lama seperti karbohidrat dan protein dikonsumsi pada periode 2. Periode 3 yang merupakan fase penyerapan makanan sebaiknya tidak diganggu dengan proses mencerna makanan yang baru.

Kombinasi makanan yang disarankan adalah karbohidrat tidak boleh dimakan berbarengan dengan protein, tetapi boleh dimakan bareng dengan sayur-sayuran.Kombinasi kedua, protein hanya boleh dikonsumsi berbarengan dengan sayur-sayuran.

Kombinasi ketiga, buah hanya boleh dimakan tunggal, tidak berbarengan dengan karbohidrat maupun protein. Dengan memperhatikan kombinasi makanan ala food combining, kerja sistem pencernaan akan lebih ringan dan tubuh pun akan lebih sehat dan bugar. Tertarik mencobanya?

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Hidup Sehat Tetapi Tetap Makan Enak"

Posting Komentar