Yang Tak Dilupakan Saat Musim Hujan

cuci mobilNgonoo.net yang tak boleh dilupakan saat musim hujan buat mobil anda apa saja itu sebelum kita simak lebih dalam mari kita ulas sejenak di penghujung tahun kerap identik dengan guyuran hujan. Pemilik kendaraan bermotor seperti mobil kerap waswas. Tidak hanya karena ancaman banjir atau air tergenang, tetapi juga kondisi mobil yang mudah kotor dan bermasalah ketika menerjang genangan air.

Kekhawatiran ini memang tidak hanya mempersoalkan bodi mobil yang dekil. Ada beberapa bagian mobil lainnya yang patut diperhatikan. Setelah membersihkan bagian bodi mobil, mari kita mencermati satu per satu kondisi bagian dalam mesin dan bagian bawahnya.
Pembersihan Bagian bawah mobil memang lebih rentan terkena lumpur, pasir, dan tanah ketika mobil melintasi medan di tengah hujan. Posisinya yang paling rendah membuat area bawah mobil semakin kotor. Oleh karena itu, jangan lupakan untuk membersihkan area ini dengan air.

Bagian ban pun perlu dicuci dan disikat bersih. Jangan lupa, cermati kondisinya. Pastikan manuver ban depan dan ban belakang dalam kondisi prima. Terkadang, pengereman atau kelokan tajam di area berlumpur membuat ban harus bergerak ekstra. Perhatikan bagian pegas dan sistem suspensi. lika tertutup lumpur atau noda membandel, segera bersihkan.

Gunakan sikat untuk membersihkan noda membandel dan kotoran yang masuk ke dalam celah-celah sempit.Bersihkan pula komponen rem dari kotoran atau lumpur agar pengereman lebih lancar. Air hujan bisa saja merembes melalui sisi panel kaca mobil. Air hujan juga riskan masuk melewati bagian pintu atau jendela mobil yang tidak tertutup rapat.

Antisipasinya, sebelum berkendara melintasi hujan, cermati bahwa kaca jendela dan pintu telah tertutup rapat. Apabila air hujan masih merembes atau terdapat indikasi kebocoran, segeralah perbaiki. Apabila dibiarkan, area di sekitar rembesan air bisa menjadi lembab. Bila dibiarkan berlama-lama, ini bisa menyebabkan tumbuhnya jamur. Perhatikan area-area yang rentan ini.

Segera lap dan jaga agar kondisinya tetap kering. Jika terlihat jamur pada bagian kaca atau area lainnya, lakukan pembersihan di tempat pencucian atau perawatan mobil. Bagian dalam kendaraan pun tidak boleh luput dari perhatian. Karpet yang berlumpur atau kotor mungkin sering Anda alami jika banyak orang yang naik-turun saat kondisi masih hujan.

Oleh karena itu, bersihkan bagian karpet setiap kali mobil selesai digunakan. Lepaskan semua karpet. Agar kotoran membandel hilang, cuci karpet mobil hingga bersih. Bila lantai basah, keringkan dengan lap kering. Pasang kembali karpet jika karpet telah kering dan lantai kabin juga dalam kondisi kering. Cara ini dapat meminimalkan risiko munculnya jamur.

Jika cipratan air hujan menerpa bagian jok, segera keringkan. Caranya dengan menempelkan lap kering yang bersih pada area yang basah. Keringkan bagian dalam mobil dengan membuka pintu lebar-lebar di bawah sinar matahari. Lain lagi bila kondisi cuaca tidak memungkinkan. Gunakan hair dryer untuk mengeringkan jok mobil. Perawatan mobil saat musim hujan memang perlu lebih intensif. Sepintas, terlihat merepotkan, tetapi bila enggan membersihkan bagian-bagian ini, jangan mencari kambing hitam jika performa dan bodi mobil kurang prima.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Yang Tak Dilupakan Saat Musim Hujan"