Mau Ngerayain Valentine? Baca ini Dulu Buat Muslim

Ngonoo.net Valentine identik dengan kasih sayang atau yang berbau romantis.Oke saya akan ngejelasin atau pun bisa disebut mengupas sedikit tentang "Valentine Day yang ana kita tahu bahwa agama Islam tidak membolehkan umatnya untuk ikut merayakan perayaan 14 februari tersebut.

Well if you guys curious enough about it, go check it out!

SEJARAH VALENTINE DAY
Pada zaman dahulu, orang Romawi mengenal perayaan "Festival Lupercalia", yaitu rangkaian hari raya yang dipersembahkan kepada Lupercus Dewa Kesuburan Seksual yang diilustrasikan sebagai manusia berkaki dan berkepala kambing dan biasa disebut Pan atau Baphomet) dan Juno Februa Dewi Pernikahan dan Kesuburan).

Perayaan tersebut meneladani semangat 'an dan Juno yang semuanya bermuara pada nafsu. Festival Lupercalia berubah nama menjadi Valentine Day untuk memperingati Saint Valentine yang berjuang demi cinta. Hingga tahun 1969 Valentine Day dihapuskan dari kalender gereja oleh Paus Paul VI.

KENAPA SIH, VALENTINE ITU HARAM?
Alasan Pertama: Merayakan Valentine Berarti Meniru-niru Orang Kafir

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menjelaskan secara umum :upaya kita tidak meniru-niru orang kafir. Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
" `Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka (HR.Muslim)

Alasan Kedua: Menghadiri Perayaan Orang Kafir Bukan Ciri Orang Beriman

Allah Ta'ala sendiri telah mencirikan sifitt ttranj-orang beriman. Mereka adalah orang-orang yang tidak menghadiri ritual atau perayaan orang-rang musyrik dan ini berarti.tidak bolch umat Islam merayakan perayaan gama lain semacam valentine.
`Dan orang-orang yang tidak menyaksikan perbuatan zur, dan apabila mereka Bertemu dengan (orang-orang) yang mengerjakan perbuatan perbuatan yang tidak berfaedah, mereka lalui (saja) dengan menjaga kehormatan dirinya QS. Al Furqon [25]: 72)

Alasan Ketiga: Hari Kasih Sayang Menjadi Hari Semangat Berzina

Zaman sekarang, dimana pergaulan bebas remaja makin marak, hari kasih sayang banyak disalahgunakan dan malah menjadi hari bersemangat berzina.mendekati zina saja haram, apalagi melakukannya.

Allah Ta'ala berfirman,
"Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk." (QS. Al Isro' [17]: 32)
Alasan keempat: Meniru Perbuatan Setan Menjelang valentine, berbagai macam kado laku keras nih. Padahal sebenarnya masih banyak yang diperlukan awas mubazir!

Allah SWT berfirrnan: "Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan." (QS.A1 Isro' [17]: 26-27).

FAKTANYA.....
• Ada versi lain tentang Martir Kristen yang bernama Saint Valentine dipenggal pada tanggal 14 Februari karena diam-diam melakukan prosesi pernikahan yang pada saat itu dilarang untuk kalangan prajurit.

• Pada tahun 2011, Iran melarang kartu Valentine, hadiah boneka teddy bear, dan kenang-kenangan Valentine. Para aktivis' di India dan Pakistan juga memprotes Hari Valentine sebagai hari syahwat yang memalukan. Mereka menganggap hari Valentine sebagai hari libur budaya Barat

• Festival Roma kuno, Lupercalia ("Festival Serigala") dianggap sebagai permulaan Hari Valentine. Dirayakan dari tanggal 13-15 Februari, Lupercalia adalah perayaan pensucian atau kesuburan.

Sebenarnya, untuk mengeskpresikan ataupun merayakan kasih sayang, kita tidak memerlukan hari khusus apalagi valentine. Kasih sayang itu bisa kita rayakan kapan saja. Nah, bagi sebagian anak muda muslim kayak kita nih ternyata masih banyak yang merakan Valentine tanpa tahu hukumnya. So, karena kita-kita udah tau kenapa ini di haramkan... mari sebarkan info ini kawan-kawan sesama muslim kita!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mau Ngerayain Valentine? Baca ini Dulu Buat Muslim"

Posting Komentar